Koperasi simpan pinjam (KSP ) adalah wadah yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan tabungan bagi anggotanya. Simpanan di koperasi dapat dimanfaatkan untuk tabungan berjangka. Nantinya jasa bunga simpanan dapat diterima oleh para anggota yang telah melakukan simpanan di KSP.

Koperasi simpan pinjam adalah pondasi perekonomian rakyat.

Mungkin di antara kamu sudah banyak yang mengetahui bahwa koperasi simpan pinjam adalah salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang keuangan. Kegiatan usaha yang dilakukan adalah menerima simpanan maupun pinjaman.

Dalam menjalankan usaha, semua koperasi memegang asas kekeluargaan. Asas ini dipegang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Lalu, apa saja manfaat yang diberikan oleh koperasi simpan pinjam? Simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Koperasi Simpan Pinjam

Keberadaan koperasi simpan pinjam diatur dalam regulasi pemerintah. Misalnya, Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2012 Pasal 1 ayat 15 dan 16 

Dalam peraturan tersebut, disebutkan Koperasi Simpan Pinjam adalah Koperasi yang menjalankan usaha simpan pinjam sebagai satu-satunya usaha. dan Unit Simpan Pinjam adalah salah satu unit usaha Koperasi non-Koperasi Simpan Pinjam yang dilaksanakan secara konvensional atau syariah.

Berikut ini terdapat beberapa informasi berkaitan tentang koperasi itu sendiri:

  1. Sebagai Wadah Menyimpan Tabungan; Koperasi simpan pinjam adalah wadah yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan tabungan bagi anggotanya. Simpanan di koperasi dapat dimanfaatkan untuk tabungan berjangka. Nantinya jasa bunga simpanan dapat diterima oleh para anggota yang telah melakukan simpanan di KSP.
  2. Sumber Modal ;Modal koperasi simpan pinjam adalah berasal dari dua sumber. Pertama, diperoleh dari simpanan anggota koperasi yang dapat bersifat simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela ataupun hibah. Kedua, dari modal pinjaman kepada badan usaha atau koperasi lainnya.
  3. Prinsip Koperasi ; Dalam menjalankan kegiatannya koperasi simpan pinjam memiliki prinsip. Prinsip yang dipegang oleh koperasi simpan pinjam adalah terbuka dan sukarela, mandiri dan demokratis, serta hasil rapat anggota merupakan keputusan tertinggi dalam koperasi. Prinsip-prinsip ini sejalan dengan asas koperasi yang bersifat kekeluargaan.
  4. Memberi Pinjaman ; Selain sebagai wadah simpanan, koperasi simpan pinjam juga dapat memberi pinjaman ke para anggotanya yang membutuhkan dana. Bunga pinjaman dari koperasi relatif rendah dan terjangkau.

Manfaat Koperasi Simpan Pinjam

Sejatinya kehadiran koperasi bertujuan untuk membantu perekonomian rakyat Indonesia dan memberikan kemudahan bagi para anggotanya untuk melakukan simpanan maupun pinjaman. 

Beberapa manfaat dari koperasi simpan pinjam adalah sebagai berikut.

Keberadaan koperasi simpan pinjam memudahkan masyarakat untuk menyimpan tabungan atau memperoleh pinjaman. Tentunya, hal ini dapat berdampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Kamu harus tahu bahwa fungsi koperasi simpan pinjam adalah memberikan prosedur yang mudah dan cepat dalam melakukan pinjaman.

Selain memberi pinjaman, koperasi juga mengumpulkan dana dalam bentuk simpanan dan tabungan, menyalurkan bantuan pinjaman untuk para anggota dan calon anggota guna memenuhi kebutuhan, memberikan tambahan modal bisnis, serta melayani pembelian dan penjualan barang secara tunai dan kredit.

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa lebih baik meminjam di koperasi? Mengapa tidak meminjam di bank atau lembaga keuangan lain saja?

Ada beberapa kelebihan yang kamu dapat saat meminjam dana di koperasi simpan pinjam. Kelebihan meminjam di koperasi simpan pinjam adalah sebagai berikut ini.

  • Persyaratan dan proses pengajuan pinjaman relatif lebih mudah.
  • Ini karena didirikan dengan tujuan pemerataan ekonomi koperasi memiliki nilai adil dengan bunga flat dan bahkan menurun.
  • Peminjaman di koperasi turut mengurangi praktik rentenir dengan sistem bagi hasil.
  • Sebagai anggota koperasi kamu akan mendapat Sisa Hasil Usaha (SHU) yang bisa mengurangi bunga pinjaman kamu.
  • Pajak yang dibebankan kepada peminjam koperasi lebih ringan daripada bank. Oleh karenanya koperasi tidak perlu menekan biaya pinjaman supaya membuat imbal hasil para pendana menjadi lebih besar.
  • Bunga pinjaman di koperasi relatif rendah dibandingkan bunga pinjaman di bank

 Fitur –fitur yang ada dalam aplikasi KSP, diantaranya :

  1. Fitrur Data Master
  2. Fitur Pengelollan simpaan anggota
  3. Fitur pengelolaan Pinjamana Naggota
  4. Fitur pembukuan 
  5. Fitur Pelaporan
  6. Fitur Login Anggota
  7. Fitur Toko